"Gunakan Waktumu Semanfaat Mungkin Untuk Mencapai apa yang kau Inginkan |By Iman

Jumat, 14 Oktober 2011

Beramal Mencegah Cacat di Usia Tua


 TEMPO Interaktif - Sebuah penelitian membuktikan kegiatan sosial khususnya berderma bisa mencegah risiko kecacatan pada usia tua. Itulah hasil studi dari Rush University Medical Center April ini.

Menurut Peneliti Utama Bryan James, kegiatan sosial merupakan salah satu pondasi atau komponen utama manusia dalam menjaga kesehatan di usia tua. "Ini sangat menarik karena mampu meminimalisir kecacatan,"kata Bryan.

Penelitian ini dilakukan terhadap 954 orang berusia 82 tahun. Bryan dan timnya memfokuskan penelitian pada pengaruh penuaan terhadap kecacatan kronis.

Peneliti mengamati perilaku usia tua mulai dari kegiatan sehari-hari seperti makan, olah raga sampai aktifitas keagamaan dan berlibur.

Hasilnya, seseorang yang sering terlibat dalam kegiatan sosial 1,5 kali lebih mungkin terbebas dari kecacatan usia tua dibandingkan orang yang berfoya-foya dan mementingkan diri sendiri.

Bryan menjelaskan kegiatan sosial seperti berderma ternyata mampu memperkuat jaringan saraf sehingga seseorang mampu memainkan peranannya. "Fungsi muskuloskeletal diperlukan untuk menjaga independensi fungsional,"kata Bryan dalam Journal of Gerontology: Medical Sciences.

Apakah agan termasuk orang yang rajin beramal ?
|BY Iman

Tidak ada komentar: